breaking news New

Sejarah Terciptanya Moto GP

Kejuaraan Dunia sepeda motor pertama berlangsung pada tahun 1949 dan diselenggarakan oleh Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM). Pembicaraan tentang seri kejuaraan telah terjadi pada tahun 1938, sebelum pecahnya Perang Dunia Kedua, dan seri Eropa berlangsung tahun itu yang terdiri dari delapan balapan dan termasuk Isle of Man TT, TT Belanda dan Grand Prix di Belgia, Prancis, Jerman dan Swiss.Itu tidak benar-benar representatif tetapi gelar dimenangkan oleh GermanMotoGP Logo kredit Georg Meier (500cc) dan Ewald Kluge (250cc) dan Ted Mellors dari Inggris (350cc). Kluge mendapatkan gelar Juara Eropa dengan mencetak poin lebih banyak daripada pebalap lain di ketiga kelas.

Tahun pertama tahun 1949 mungkin merupakan bayang-bayang Kejuaraan Dunia belakangan ini, tetapi itu adalah awal dengan enam balapan untuk kelas 500cc, lima untuk 350-an, empat 250-an dan hanya tiga untuk 125s dan sespan. Tahun 1950-an melihat pabrikan Inggris mendominasi untuk memulai sebelum Jerman dan Italia mengambil alih tetapi gelar 500cc dan 350cc tahun 1949 pergi ke jalan pembalap Inggris, Les Graham dan Freddie Frith, dan pabrikan, AJS dan Velocette. Orang Italia lebih berhasil di kelas yang lebih kecil, yang merupakan demonstrasi awal kekuatan masa depan mereka.

Tunggangan Duke dan kecemerlangan teknis Joe Craig dari Norton, bersama dengan desain "Featherbed" membuat mereka tetap di atas tetapi berumur pendek dan segera mesin multi-silinder Italia dari Gilera dan MV Agusta mengambil alih. Mereka memburu talenta terbaik Inggris dengan Duke (Gilera) dan John Surtees (MV Agusta) memberi mereka gelar Dunia 500cc sementara Moto Guzzi menikmati kesuksesan 350cc bersama Bill Lomas.

Ketika upaya Inggris memudar, Italia mengambil alih dan meskipun olahraga itu diguncang pada akhir tahun 1957 ketika Gilera, Mondial dan Guzzi semua mengundurkan diri, MV Agusta tetap dan mendominasi Kejuaraan Dunia dengan Surtees mengambil ganda 350cc-500cc pada tahun 1958-1960 dan pembalap Italia Carlo Ubbiali dan Tarquinio Provini kelas atas di kelas 125cc-250cc. Sementara itu, BMW adalah kekuatan dominan dalam balap Sidecar dan akan memenangkan setiap gelar dunia antara tahun 1954 dan 1967.